Hanya 4% Lulusan PT Jadi Wirausahawan

Posted: 19 November 2008 in artikel pendidikan, informasi
Tags: ,

winnerKoordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IV Jawa Barat-Banten, Prof. Dr. Rochim Suratman menegaskan, hanya 4% lulusan PT yang menjadi wirausahan. Selebihnya sebanyak 96% lebih memilih menjadi karyawan.

Pernyataan itu diungkapkan Rochim Suratman kepada “GM” di ruang kerjanya, Jln. P.H.H. Mustofa 38 Bandung, Selasa (18/11). Ia mengungkapkan hal itu untuk menanggapi program pengembangan kegiatan akademik mahasiswa yang dilakukan Kopertis Wilayah IV Jabar-Banten.

“Untuk menghadapi kondisi itu, ke depan mahasiswa perlu dibekali pelatihan kewirausahaan. Pasalnya, seperti dituturkan Direktur Akademik Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas), makin tinggi pendidikan yang dicapai seseorang, kemandiriannya akan semakin berkurang,” katanya.

Selanjutnya ia mengatakan, karena keterbatasan dana yang dimiliki pemerintah, program-program yang dilakukan Kopertis dalam pengembangan kegiatan akademik di PT, lebih mengedepankan sosialisasi berbentuk training. Training diikuti pemimpin PT, dosen, dan mahasiswa.

“Dalam training, biasanya dibekali hal-hal praktis seperti cara membuat proposal penelitian,” tuturnya.

Wasdalbin

Pada kesempatan sama, Rochim mengatakan, dalam pengembangan PTS, Kopertis mempunyai tugas pokok dan fungsi dalam pengawasan, pengendalian, dan pembinaan (wasdalbin).

Dikatakannya, aspek yang harus diperhatikan dalam pengawasan PT, yaitu proses belajar mengajar (PBM) yang dilangsungkan di PT. Dalam penyelenggaraan PBM, PT harus mematuhi rambu-rambu yang ditentukan pemerintah.

“Karakteristik kegiatan-kegiatan yang digelar di PT harus sesuai dengan norma-norma akademik,” ujarnya.

Ditambahkannya, bagi PT yang melanggar norma-norma akademik, akan diingatkan dan jika tidak didengar maka akan ditegur. Namun bila masih belum berhasil juga, Kopertis akan melaporkan hal itu ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Depdiknas.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/indexnews.php?wartakode=20081119071421&idkolom=opinipendidikan

Advertisements
Comments
  1. Artikel-artikel di blog ini bagus-bagus. Coba lebih dipopulerkan lagi di http://www.lintasberita.com akan lebih berguna buat pembaca di seluruh tanah air. Dan kami juga telah memiliki plugin untuk WordPress dengan installasi mudah.
    Kami berharap bisa meningkatkan kerjasama dengan memasangkan WIDGET Lintas Berita di website Anda sehingga akan lebih mudah mempopulerkan artikel Anda untuk seluruh pembaca di seluruh nusantara dan menambah incoming traffic di website Anda. Salam!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s